Tips Kepemimpinan kali ini adalah Mau Belajar dari Bawahan   , lucu juga jika mengingat inspirasi yang  saya dapat untuk menulis tips menjadi pemimpin handal 20. Kebetulan  waktu itu lagi di salah satu ruang tunggu Rumah Sakit swasta terkenal di  Surabaya. Jam dinding ruang tunggu menunjukkan pk 01.30 dini hari….Saat itu ada 2 orang petugas kebersihan yang  bergantian bahu membahu membersihkan lantai ruang tunggu dan area di  sekitar ruang tunggu. Mereka dengan ramah nya menyapa saya … saya pkir  hebat juga ni Rumah Sakit sampai-sampai petugas kebersihan pun tahu  betul konsep penjual jasa, yaitu cemberut tersenyum, galak ramah, picik tulus tidak dibuat-buat
 , lucu juga jika mengingat inspirasi yang  saya dapat untuk menulis tips menjadi pemimpin handal 20. Kebetulan  waktu itu lagi di salah satu ruang tunggu Rumah Sakit swasta terkenal di  Surabaya. Jam dinding ruang tunggu menunjukkan pk 01.30 dini hari….Saat itu ada 2 orang petugas kebersihan yang  bergantian bahu membahu membersihkan lantai ruang tunggu dan area di  sekitar ruang tunggu. Mereka dengan ramah nya menyapa saya … saya pkir  hebat juga ni Rumah Sakit sampai-sampai petugas kebersihan pun tahu  betul konsep penjual jasa, yaitu cemberut tersenyum, galak ramah, picik tulus tidak dibuat-buat  
 
Tidak lama setelah mengalami keramahan sang customer service sejati tersebut, lewat seorang suster perawat dengan langkah pasti dan tegas …. waktu melewati petugas kebersihan tadi, suster perawat tersebut menanyakan beberapa hal kepada mereka lalu berjalan lagi menuju ruangan yang melewati depan ruang tamu.
Karena suasana mencekam sepi dan tidak  ada orang lain selain saya di ruang tamu, tentu saja suster perawat tadi  melihat saya dan terus berbelok memasuki ruangan yang dituju. Kehendak  hati ingin menyapa, tapi melihat tatapan matanya yang dingin, disiplin  dan tegas apalagi kita hanya bertatap muka 1 detik aja membuat saya  sungkan untuk menyapa  
 
Perasaan ingin tahu benar-benar  menggelitik saya waktu itu  , segera saja saya beranjak dari tempat  duduk dan berjalan kearah petugas kebersihan yang dari tadi masih asyik  dengan pekerjaannya
  , segera saja saya beranjak dari tempat  duduk dan berjalan kearah petugas kebersihan yang dari tadi masih asyik  dengan pekerjaannya  
 
Pertanyaan saya cuma 1 kepada para petugas kebersihan tersebut. “Apakah yang baru saja lewat tadi itu KEPALA / PEMIMPIN PERAWAT di Rumah Sakit ini?”, mereka serempak menjawab galak ramah “iya, betul pak.”
Jika anda bertanya-tanya mengapa saya  bertanya demikian…. ini jawabannya, ternyata tepat sekali dugaan saya  kalau yang lewat tadi adalah seorang Pemimpin  yang saya soroti disini bukan masalah  tegas, disiplin yang ditunjukkan oleh sorotan mata Suster Perawat tadi  melainkan bagaimana dia mempraktekkan Customer Service seperti yang  ditunjukkan dengan baik oleh para petugas kebersihan
  yang saya soroti disini bukan masalah  tegas, disiplin yang ditunjukkan oleh sorotan mata Suster Perawat tadi  melainkan bagaimana dia mempraktekkan Customer Service seperti yang  ditunjukkan dengan baik oleh para petugas kebersihan  
 
Mudah-mudahan Suster Perawat tersebut  membaca tulisan mengenai Gengsi Kepemimpinan  dan belajar dari bawahannya (baca: petugas  kebersihan).
  dan belajar dari bawahannya (baca: petugas  kebersihan).
Semoga cerita ini dapat menjadi inspirasi kepemimpinan anda…
salam

 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar